Selasa, 11 September 2012

sedikit cerita mengenai Ramadhan 1433 H

Assalamu'alaikum Wr. Wb...

Sudah lama tangan ini "gatal" ingin mengetik di blog yang bisa dikatakan saya jarang menjambanginya.. :D

Alhamdulillah ternyata sudah mau akhir bulan Syawal, hayooo teman2 sudah lunas qodho puasa dan sunah syawalnya kan? semoga Allah selalu merahmati ya ^_^

Times flies.. yah itu lah yang memang pantas disebut dalam keseharian kita.. tanpa sadar, kini saya sudah kembali lagi ke Depok tercinta, setelah 2bulan lamanya berada di Padang kampung halaman tercinta..

Alhamdulillah sempat 1bulan full Ramadhan disana... dan Praise to Allah, again and again, saya diijinkan untuk mengisi Ramdhan dengan kegiatan (yang menurut saya) berguna untuk diri ini.. banyak pelajaran2berharga yang sengaja telah Allah SWT rancang untuk saya.. semoga kegiatan2 tersebut (yang lalu) dan yang akan datang mampu membuat keimanan dan ketaqwaan saya terhadap Nya meningkat... karena Iman ini sangatlah lemah... kepada siapa lagi berharap dan bergantung kalau bukan kepada Allah SWT...

Teringat kegiatan di Bulan Ramadhan.. 2minggu berkumpul dengan orang2 yang sholeh dan sholehah.. yaitu para santriwan dan satriwati Masjid Almarhamah.. para ustadz dan ustadzah yang tak lelah mengajari kami ilmu2 yang bermanfaat.. semoga adik2 pesantren Mesjid Al Marhamah dan para guru2 disana selalu Allah terangi langkahnya untuk Allah beri perlindungan, kasih sayang, dan petunjuk.. Amin...

Teringat diberi kesempatan oleh Allah, melalui ajakan ustadzah Dona untuk bergabung menjadi instruktur di pesantren tersebut.. untuk mengisi waktu.. begitu ujar beliau...

Rasanya tidak mungkin saya menolak dikala itu, siapa yang tidak mau, sembari belajar juga bisa mengajarkan ilmu.. walau diri ini masih jauh dari orang yang memiliki ilmu...

Tak sedikitpun waktu aku lewatkan untuk belajar dan mengajar disana... benar2 dimanfaatkan untuk berbaur dengan adik2 yang sholeh dan sholehah.. dengan guru2 disana...

Melihat semangat adik2 tingkat SD, SMP, SMA untuk belajar, menghafal ayat AlQur'an, ada juga yang menghafal hadits2, tadarus, shalat di Masjid, bercanda bersama, ada juga yang menangis karena dijahili teman2, bercengkrama dengan adik2 dan guru2 disana, sampai saya diundang beberapa kali untuk berbuka bersama di Mesjid yang saya cintai itu, Mesjid Al Marhamah.. teringat juga sewaktu adik2 SD yang main kerumah saya, sampai2 kami lupa waktu untuk pulang ke rumah masing2 (hehhehe, lain kali kita main2 lagi yaaa adik2ku sayang)... juga sempat saya menjadi pemateri dan sharing seputar pengalaman menggunakan jilbab.. Allahuakbar.. kalau bukan atas izin Allah, mana mungkin semua ini terjadi bukan?!

Ahhh indahnya.. apabila setiap bulan adalah bulan Ramadhan.. kegiatan benar2 tiada lain dan tiada bukan yakni mendekatkan diri kepada Allah... Ramadhan 1433 H tahun 2012 ini benar2 begitu bermakna bagi diri ku pribadi.. semoga Allah terima amal ibadah kita di Bulan Ramadhan tersebut dan Allah ijinkan kita kembali bertemu dengan Ramadhan pada tahun2 yang akan datang.. amin..

Salah satu kejadian yang tak akan saya lupa di saat pesantren Ramadhan yang untuk tingkat SD adalah ketika sesi stor hafalan ayat Al Qur'an.. jadi para adik2 SD, santriwan-santriwati memiliki hafalan wajib surat2 pendek dan itu harus distror hafalannya kepada para instruktur kelompok masing2..

Subhanallah.. sudah banyak dari adik2 tersebut yang hafal banyak surat pendek atau sudah hafal ayat2 pada juz 30.. iri dan teriris hati ini.. saat itu saya merasa, "aku itu gak pantas jadi instruktur mereka".. mungkin sebaiknya aku duduk di antara adik2 SD dan ikut menghafal ayat2 Allah itu juga.. sewaktu mereka stor hafalan, untuk surat2 yang belum saya hafal, mau tidak mau saya memegang mushaf melihat apakah benar hafalan adik2 tersebut... seharusnya seorang instruktur, sudah hafal diluar kepala ayat2 yang dilafalkan oleh adik2 santriwan-santriwati tersebut..

Namun hal tersebut tidak membuat saya berkecil hati.. dalam hati saya bertekad bulat, apabila tahun depan Allah ijinkan saya untuk menjadi instruktur kembali, ntah di Al Marhamah atau dimana saja, saya tidak akan memegang mushaf Al Qur'an lagi saat adik2 menyetor hafalan ayatnya.. Insya Allah saya bisa lebih baik dari lagi.. pastinya suatu kenikmatan yg tiada terperi, apabila Allah SWT mampukan kita untuk menghafalkan ayat2 Nya di luar kepala... karena tidak semua orang diberi Allah kenikmatan seperti itu..

semoga niat belajarnya benar2 karena mengharap ridho Allah semata.. agar dimudahkan semua urusan dalam "berenang" di samudera ilmu milik Nya...

begitulah... cara Allah Ta'ala untuk mempringati atau memberi pelajaran bagi hamba2Nya yang "ingin" menjadi orang2 yang beruntung... hanya orang2 yang berilmu dan diberi hidayah oleh Nya yg dapat menelaah setiap kejadian2 unik yang ada di depan mata. Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam setiap langkah dalam mencapai Ridho Nya...

Ada sebuah hadits yang sangat "menggelitik" dan saya merasa "tertampar" ketika membacanya:

"Sesungguhnya seseorang TERHALANG dari REZEKI karena DOSA yang ia lakukan. Tidak ada yang MENOLAK TAKDIR kecuali DOA dan tidak ada yang menambah (KEBERKAHAN) umur kecuali BERBUAT BAIK." (HR Ibnu Majah dan Ahmad)

"Dua kenikmatan yang sering dilalaikan oleh kebanyakkan manusia, yaitu SEHAT dan WAKTU LUANG." (HR. Al-Tirmidzi)

mungkin susahnya rezeki atau hafalan ayat masuk ke otak ini karena terlalu menumpuknya dosa2 hitam yang telah dilakukan... dan pastinya saya adalah termasuk orang2 yang lalai dalam memanfaatkan waktu luang..
namun tidak ada kata terlambat, bagi orang yang mau belajar.. semoga Allah mudahkan kita dalam menjelajahi dan belajar di samudra ilmu-Nya dan semoga kita terhindar ke dalam golongan orang2 yang lalai...

"Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim)

bersama adik2ku sayang (kangen deh) ^_^

Tidak ada komentar: